Manajemen diri Sendiri untuk lebih efesien dan efektif

Written by Sachdar Gunawan | Saturday, November 21, 2009 | | 0 Comment »

Tujuan-tujuan dan misi-misi yang dirumuskan secara jelas
Tanpa tujuan yang dirumuskan secara spesifik, anda mustahil bisa mengatur dan mengelola prioritas-prioritas anda secara efektif. Anda akan kemana? Apa tujuan dalam hidup anda? Mengapa hari ini anda hadir di tempat kerja? Apa tujuan khusus dari depertemen anda? Apakah anda sudah menetapkan tujuan hidup yang focus dan jelas?

Menetapkan dan menghubungkan prioritas
Daftar tugas harian terbaik tak akan ada gunanya dan tak akan efektif jika tidak dicantumkan hal-hal yang penting dari setiap tugas. Anda mudah jatuh dalan jebakan menyelesaikan banyak hal, tapi bukan itu hal yang harus dilakukan. Orang-orang cenderung melakukan tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Yang lebih menyenangkan dan lebih dekat ditangan, ketimbang melakukan tugas yang paling penting untuk membuat suatu keputusan yang bisa memanfaatkan waktu secara efektif. Anda mesti tahu apa yang benar-benar penting untuk anda dan organisasi anda

Menyusun rencana harian
Mengawali hari anda tanpa membuat rencana harian adalah formula menghabiskan waktu sehari tanpa melakukan hal yang tepat. Mengundang semua orang untuk menginterupsi aktivitas-aktivitas anda dengan permintaan-permintaan dan tugas-tugas mereka, anda akhirnya menerima secara pasif gangguan ini karena anda tak punya senjata untuk membela diri

Tolak Komitmen Berlebihan
Belajar berkata tidak dan benar-benar melaksanakannya, jika anda diminta mengerjakan sesuatu yang bukan tanggung jawab langsung anda

Fokus pada penyelesaian, bukan kesempurnaan
Anda tak dapat menyelesaikan dan menyerahkan tugas sebelum anda merasa itu benar-benar sempurna? Apakah anda melihat masih ada cara lain untuk mengerjakannya dengan lebih baik? Jika anda tak bisa melihat cara lain yang lebih baik, apakah anda ngotot dengan diri sendiri, bahwa masih ada sesuatu yang harus anda lakukan? Berapa banyak waktu dan energi yang anda boroskan untuk mengejar impian mustahil perfeksionisme itu?

Rapikan tempat kerja dan kertas-kertas
Sebaik apapun pengaturan prioritas anda, atau seefektif apapun rencana harian anda, kemungkinan anda akan kehilangan waktu yang berharga dan tak bisa diganti untuk mencari sesuatu yang hilang atau ketelisut diantara tumpukan kertas di meja anda. Di antara file-file anda, laci anda, lemari anda, atau bahkan di dalam mobil anda

Keyakinan
Proses membuat keputusan hanya akan baik jika didahului dengan perencanaan yang baik, tanpa perencanaan dan prioritas yang kuat, anda selalu berisiko mengalami petaka atau melihat sebuah peluang hilang karena gagal merespon dengan tindakan apapun

Manajemen Krisis
Hidup akan luar biasa frustasi jika kita terus menerus mencari alat pemadam api untuk memadamkan krisis dari hari ke hari. Produktivitas akan terhenti sampai waktu yang tidak jelas karena situasi yang semula di abaikan jadi mendadak urgen. Anda tak bisa mencegah kebakaran jika menghabiskan seluruh waktu anda untuk memadamkan api

Delegasi Efektif
Tak diragukan lagi, filosofi saya bisa melakukannya dengan baik justru akan menciptakan kerusakan karier dan kehilangan peluang ketimbang factor lainnya. Gagal mengkomunikasikannya secara efektif saat mendelegasikan menempati urutan ke-2

Mengendalikan Gangguan
Anda ingin menjalani hari anda sesuai jadwal, lalu telepon berdering atau tiba-tiba mendapat tamu yang tidak diharapkan, dan produktivitas anda langsung merosot. Banyak kejadian yang sebenarnya bisa dihilangkan, yang tidak bisa dihilangkan berarti harus dikendalikan

Rapat Yang Efektif
Rapat merupakan satu-satunya tempat dimana terjadi pemborosan waktu. Rapat yang tak terencana dan tak diperlukan, melibatkan orang-orang yang tidak tepat merupakan pemborosan waktu dan uang, yang juga sering terjadi adalah, rapat yang terencana dan perlu jadi tidak efektif karena perencanaan atau tindak lanjut yang buruk

Hilangkan sikap menunda
Kecenderungan universal menunda melakukan sesuatu yang harus dikerjakan hari ini dan dikerjakan keesokannya adalah pembunuh produktivitas di tempat kerja dan di rumah. Seringkali orang-orang membenamkan diri dalam aktivitas-aktivitas yang tidak penting sementara yang benar-benar penting jadi terbengkalai

Hidup seimbang dan mengurangi stress
Tujuan utama bagi semua orang dengan meningkatnya tekanan dari dunia luar, irama kerja yang makin lama makin cepat, kemampuan untuk menentukan pilihan-pilihan yang baik, menciptakan keseimbangan hidup dan mengelola stress merupakan hal yang sangat penting untuk bisa bertahan hidup. Jadikan hari-hari anda penuh kebahagiaan, ketimbang penuh beban.


0 Comment