Ngisi Waktu, belajar Blog ah..!

Written by Sachdar Gunawan | Saturday, January 06, 2007 | | 1 Comment »

Hari Sabtu ini aku habiskan waktu dengan bersantai di rumah, karena sepertinya fisik ini ingin di-istirahatkan, bila bersantai biasanya aku lewati dengan bersih-bersih, nonton televisi, membaca buku, menata hati, dan belajar sesuatu. Kebetulan di akhir desember tahun 2006 kemarin, aku membeli satu buku mengenai pengembangan diri, yang menurutku sangat bagus, judulnya Life Excelent menuju kepada hidup yang lebih baik. yang ditulis oleh Reza M. Syarief, seorang trainer motivasi dan leadership yang cukup terkenal. Untuk membaca buku ini tentunya butuh pemahaman yang dalam, karena aku membaca sambil memahami dan mengoreksi diri, jadi wajarlah bila baru 1 bab [sekitar 25 halaman] aku membacanya. Oleh karena itu Sabtu ini merupakan kesempatan yang baik untuk melanjutkan bacaanku tersebut. Inginnya sich menceritakan secara global mengenai buku itu, tapi karena aku belum tuntas membacanya, insya allah lain waktu aku akan membahasnya.

Dilain kesempatan aku sedang belajar sesuatu, saat ini aku tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang dibalik pembuatan blog. Mungkin diantara sahabat yang lain, aku bisa dibilang newbie [pemula], bukan karena baru tau blog, tapi baru memulai membuat blog, hehehe…! Sebenarnya sih sudah lama tau informasi tentang blog, tapi saat itu kurang tertarik, aku justru lebih tertarik dengan pembuatan website portal. Suatu ketika pernah muncul keinginan untuk menulis dan mempublishnya ke internet, jadilah menjelajah dunia maya lagi untuk mencari tutorialnya, hingga akhirnya menemukan satu blog milik seorang penulis yang membuatku jatuh hati kepada blog.

Berangkat dari niat yang tulus dan semangat ’45! walah.., aku mulai belajar setahap demi setahap mengenai blog, diantara blog yang didalamnya terdapat Tips Ngeblog antara lain blog milik
Mas Mario, Mas Sahid, dan Mas Didats. Tk’s ya! Trio Mas yang tutorialnya sangat berguna buat banyak orang. Bicara blog, sama dengan bicara HTML, CSS, JavaScript, serta PHP. Bukan hal baru sih buat aku, karena sebelumnya hobi juga ngoprek itu semua. Jutru untuk blog yang gratisan seperti blogspot dan wordpress lebih simple, hanya saja se-simple apapun klo tidak dipelajari mana kita tau! Betul tidak? Bagoooozz! Heheh....

Aku sangat terkesan sekali dengan tutorial yang ditulis oleh
Mas Didats, seorang web designer yang seumuran denganku ini cukup mahir bermain dengan CSS dan HTML, beberapa tutorialnya mengenai pembuatan Template membantuku untuk memahami lebih dalam script template milik blogspot, tempat aku membuat blog. Mempelajari CSS dan HTML membuatku membuka kembali tutorial yang khusus membahas itu, oprek..oprek dan oprek!

Hmm... tidak terasa sudah jam 3 sore,.. apa? Jam 3! waduh! Belum dzuhur...tuing..tuing! [dengan wajah memerah malu, beranjak dari tempat duduk untuk segera mengambil wudlu]

[6 Januari 2007]

1 Comment

  1. Anonymous // 8:45 PM  

    duh, jadi tersanjung...

    saya justru seneng kalo tutorial saya berguna buat banyak orang...

    selamat belajar mas..