PROSES PENGEMBANGAN DIRI I

Written by Sachdar Gunawan | Wednesday, April 04, 2007 | | 0 Comment »

I. PENDAHULUAN

Tentunya kita semua ingin menjadi diri yang khas. Setiap orang mendambakannya. Itu biasa dan sangat normal. Tetapi ternyata kita telah menjadi khas, atau khusus! kita adalah manusia yang unik . dari sekian banyak manusia, kita adalah istimewa. Tak seorangpun di dunia akan persis dan sama seperti kita. Kita tidak ada duanya

Tetapi kita belum sempurna. Kita sedang dan masih harus berkembang. Kita masih berada di dalam proses menjadi semakin khas, khusus, dan istimewa. Setiap kita memiliki potensi yang luar biasa, tetapi jarang diantara kita yang dapat mengembangkan dan sampai mengaktualisasikan dalam kehidupan.

”Kebanyakan orang hanya menggunakan sebagian kecil dari kemampuannya”

begitulah kesimpulan William James melalui penelitian-penelitiannya. Padahal Allah SWT telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sangat sempurna ( AL Qur’an ) kita akan semakin menjadi diri kita, orang yang khas itu, kalau kita mengembangkan dan membina segala yang baik yang ada pada kita dan mengalahkan yang kurang/tidak baik. Ini berlaku untuk kemampuan jasmani, intelektual, keterampilan dan spiritual Modal ( Potensi ) yang terpendam dalam diri kita ini, perlu kita sadari dan aktifkan. Inilah suatu proses yang tak pernah akan selesai. Sampai hari kita meninggalkan dunia ini, kita masih dapat berkembang menjadi lebih sesuai dengan ideal kita.

Sebagai anak, kita mulai mengaktualisasikan potensi-potensi kita dibawah bimbingan orang dewasa. Kita belajar banyak hal, melangkah , berbicara, menghitung, berdoa…semakin dewasa, semakin banyak segi kepribadian kita yang temukan. Kita mencari, memperoleh, berlatih dan belajar. Kita berubah terus menjadi lebih sempurna atau lebih buruk. Berhenti, tidak mungkin kalau tindakan-tindakan kita mengarahkan kita kepada yang baik ( kejujuran, tanggungjawab, kasih saying, dll ) kita berkembang maju sebagai manusia. Hidup kita lebih berarti, lebih memuaskan, lebih tenang karena mendapat pegangan.

Sebenarnya, kita berdaya untuk meningkatkan taraf perkembangan kepribadian kita masing-masing. Hal-hal yang membantu pengembangan itu ada disekitar kita dan ada pada diri kita sendiri. Manfaatkanlah! Kita dapat menjadikan diri kita manusia yang paling baik dan yang unik. Kita bukan orang lain. Kita bukan tiruan manusia lain, tetapi kita adalah kita.

Oleh karena itu biarkanlah kita berkembang sekarang ini juga. Sebab, waktu kini adalah kesempatan yang tak akan terulang kembali, kita hanya memiliki satu kehidupan. Waktunya terlalu pendek. Hari kemarin sudah berlalu. Hidup adalah hari ini, dan mengarah ke hari esok.

Jadilah diri yang khusus dengan membiarkan diri kita berkembang
Mulailah sekarang ini juga

0 Comment